Bali Architect

- BINA NUSA PRIMA-

ARCHITECT

ARTICLE

IoT 4 Lapisan: Integrasi Sensor, Jaringan, Platform, & Aplikasi

Four-layer architecture of IoT | Download Scientific Diagram

https://www.researchgate.net/publication/348537924/figure/fig1/AS:980920572071951@1610881097750/Four-layer-architecture-of-IoT.png

Arsitektur IoT 4 Layer

Sistem ini mengintegrasikan sensor, jaringan, platform, dan aplikasi untuk mengelola data IoT, memungkinkan perangkat IoT mengumpulkan dan mengirim data ke cloud untuk analisis dan tindakan. Berikut adalah informasi lebih lanjut mengenai setiap layer arsitektur IoT 4 layer.

Layer Sensor (Kumpulkan Data)

Merupakan komponen paling bawah. Ini adalah lapisan yang mengumpulkan data dari lingkungan, seperti sensor tekanan, sensor suhu, sensor kelembaban, dan lain-lain. Data ini dikumpulkan dan dikirim ke lapisan jaringan.

Layer Jaringan (Transfer Data)

Layer jaringan adalah lapisan yang mengirim data dari sensor ke cloud. Ini adalah lapisan yang menangani protokol komunikasi antara sensor dan cloud, seperti HTTP, MQTT, AMQP, dan Web Sockets.Bertanggung jawab juga dalam mengelola koneksi ke cloud serta mengirimkan data ke platform.

Layer Platform (Proses & Analisis Data)

Layer platform adalah lapisan yang mengolah dan menganalisis data dari cloud. Ini adalah lapisan yang menangani proses data, seperti pengolahan data, analisis data, dan pengumpulan data. Data juga dikirim oleh platform ke aplikasi layer untuk tindakan.

Layer Aplikasi (Interaksi Pengguna)

Layer aplikasi adalah lapisan yang interaksi dengan pengguna. Ini adalah lapisan yang menangani interaksi pengguna dengan data IoT, seperti menampilkan data pada layar dan mengirimkan tindakan pengguna ke cloud. Layer aplikasi juga mengatur interaksi pengguna dengan sensor dan jaringan.

FAQ

  1. Apa itu arsitektur IoT 4 layer?
    Sistem yang mengintegrasikan sensor, jaringan, platform, dan aplikasi untuk mengumpulkan, mengirim, mengolah, dan menganalisis data.
  2. Bagaimana cara kerja lapisan sensor?
    Lapisan sensor adalah komponen paling bawah. Ini adalah lapisan yang mengumpulkan data dari lingkungan, seperti sensor tekanan, sensor suhu, sensor kelembaban, dan lain-lain. Data ini dikumpulkan dan dikirim ke lapisan jaringan.
  3. Bagaimana cara kerja lapisan jaringan?
    Lapisan jaringan adalah lapisan yang mengirim data dari sensor ke cloud. Ini adalah lapisan yang menangani protokol komunikasi antara sensor dan cloud, seperti HTTP, MQTT, AMQP, dan Web Sockets. Layer jaringan juga mengatur koneksi ke cloud dan mengirim data ke lapisan platform.
  4. Bagaimana cara kerja lapisan platform?
    Lapisan platform adalah lapisan yang mengolah dan menganalisis data dari cloud. Ini adalah lapisan yang menangani proses data, seperti pengolahan data, analisis data, dan pengumpulan data. Berfungsi juga untuk mengirimkan data ke aplikasi untuk tindakan lebih lanjut.
  5. Bagaimana cara kerja lapisan aplikasi di arsitektur?
    Lapisan aplikasi adalah lapisan yang interaksi dengan pengguna. Ini adalah lapisan yang menangani interaksi pengguna dengan data, seperti menampilkan data pada layar dan mengirimkan tindakan pengguna ke cloud. Layer aplikasi juga mengatur interaksi pengguna dengan sensor dan jaringan.

Referensi

[1] https://bnparchitect.com/

[2] https://builtin.com/articles/iot-sensors

[3] https://www.zipitwireless.com/blog/what-are-iot-sensors-types-uses-and-examples


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to verify temporary file contents for atomic writing. in /home/u5059019/public_html/bnparchitect.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:51 Stack trace: #0 /home/u5059019/public_html/bnparchitect.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u5059019/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('transient') #2 {main} thrown in /home/u5059019/public_html/bnparchitect.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 51