Bali Architect

- BINA NUSA PRIMA-

ARCHITECT

ARTICLE

Arsitektur Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis, & Fungsi

Foto - https://banner2.cleanpng.com/20180504/odq/kisspng-woman-architect-photography-muslim-muslim-veil-5aec2db8dee632.849442721525427640913.jpg
Foto – https://banner2.cleanpng.com/20180504/odq/kisspng-woman-architect-photography-muslim-muslim-veil-5aec2db8dee632.849442721525427640913.jpg

Arsitektur jaringan komputer adalah suatu konsep yang sangat penting dalam teknologi informasi, karena memungkinkan perangkat-perangkat komputer untuk berkomunikasi dan berbagi sumber daya. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang arsitektur jaringan komputer, termasuk jenis-jenis model arsitektur, topologi jaringan, perangkat keras dan lunak jaringan, serta keamanan jaringan.

Model Arsitektur Jaringan

Arsitektur jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua jenis utama: arsitektur klien-server dan arsitektur peer-to-peer. Dalam arsitektur klien-server, sebuah node dapat menjadi klien atau server. Dalam bentuk node server, ia memberikan node klien hal-hal seperti penyimpanan dan data. Sementara itu, arsitektur peer-to-peer memungkinkan perangkat-perangkat komputer untuk berkomunikasi dan berbagi sumber daya secara langsung, tanpa melalui server.

Peer-to-Peer Model

Unstructured Peer-to-Peer Model

Dalam model ini, perangkat-perangkat komputer terhubung secara acak dalam jaringan. Model ini mudah dibangun karena tidak ada struktur yang diterapkan. Namun, karena tidak terstruktur, maka sulit untuk menemukan informasi.

Structured Peer-to-Peer Model

Dalam model ini, perangkat-perangkat komputer terhubung dalam struktur yang spesifik. Distributed hash tables (DHTs) umum digunakan untuk membangun jaringan yang terstruktur. Software yang digunakan untuk membangun model peer-to-peer yang terstruktur mengintegrasikan lapisan virtual jaringan ke dalam struktur yang telah ditentukan.

Hybrid Peer-to-Peer Model

Dalam model ini, arsitektur peer-to-peer dan arsitektur klien-server digabungkan. Ada berbagai jenis jaringan hybrid, dan salah satu contoh adalah jaringan yang menggunakan server pusat untuk membantu pengguna menemukan satu sama lain.

Kelebihan dan Kekurangan Peer-to-Peer Model

Kelebihan peer-to-peer model antara lain:

  • Mudah untuk dipelihara: Peer-to-peer model tidak memiliki server antara perangkat-perangkat komputer, sehingga memudahkan dalam pengelolaan jaringan.
  • Hemat biaya: Peer-to-peer model tidak memerlukan server khusus untuk perangkat-perangkat komputer, sehingga menghemat biaya.
  • Mudah untuk berbagi file: Peer-to-peer model memungkinkan berbagi file secara langsung antara perangkat-perangkat komputer.
  • Adaptif: Peer-to-peer model dapat dengan mudah diperluas untuk menambahkan perangkat-perangkat komputer baru.
  • Efisiensi: Peer-to-peer model memungkinkan kerja sama antara perangkat-perangkat komputer dengan sumber daya yang berbeda-beda.

Aplikasi Peer-to-Peer Model

Peer-to-peer model digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti berbagi file, bioteknologi, dan lain-lain.

Topologi Jaringan

Topologi jaringan komputer adalah suatu konsep yang dipakai untuk menghubungkan komponen-komponen komputer satu dengan yang lain. Berdasarkan metode topologi jaringan, dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu topologi bus, topologi cincin, topologi bintang, topologi pohon, dan topologi mesh. Masing-masing jenis topologi memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Topologi Bus

Dalam topologi bus, semua perangkat komputer terhubung ke kabel utama. Jika kabel utama rusak, maka seluruh jaringan komputer tidak dapat berfungsi.

Topologi Cincin

Dalam topologi cincin, setiap perangkat komputer memiliki dua perangkat lain untuk keperluan komunikasi. Semua pesan bergerak melalui cincin ke arah yang sama.

Topologi Bintang

Dalam topologi bintang, semua perangkat komputer terhubung ke perangkat pusat. Jika perangkat pusat rusak, maka seluruh jaringan komputer tidak dapat berfungsi.

Topologi Pohon

Dalam topologi pohon, gabungan antara beberapa topologi bintang dan topologi bus. Bentuk yang paling sederhana meliputi perangkat hub yang terhubung ke topologi bus yang ada di topologi pohon.

Topologi Mesh

Dalam topologi mesh, pesan yang dikirim dapat mengambil salah satu dari beberapa jalur yang mungkin dari sumber ke tujuan.

Perangkat Keras Jaringan

Perangkat keras jaringan komputer adalah suatu komponen yang sangat penting dalam arsitektur jaringan komputer. Beberapa contoh perangkat keras jaringan komputer adalah modem, router, switch, dan access point.

Modem

Singkatan dari modulator dan demodulator. Digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer ke internet.

Router

Perangkat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer. Router memiliki keuntungan untuk mendapatkan akses internet dengan menggunakan modem tunggal untuk semua perangkat dalam jaringan.

Switch

Perangkat yang digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat komputer dalam jaringan komputer. Switch sebagian besar digunakan dalam jaringan komputer besar yang menghubungkan banyak komputer dalam satu jaringan area lokal (LAN).

Access Point

Access point adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat komputer menggunakan teknologi nirkabel (Wi-Fi).

Perangkat Lunak Jaringan

Perangkat lunak jaringan komputer adalah suatu komponen yang sangat penting dalam arsitektur jaringan komputer. Beberapa contoh perangkat lunak jaringan komputer adalah sistem operasi jaringan, protokol jaringan, dan aplikasi jaringan.

Sistem Operasi Jaringan

Sistem operasi jaringan komputer adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola jaringan komputer.

Protokol Jaringan

Protokol jaringan komputer adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur komunikasi antara perangkat-perangkat komputer dalam jaringan.

Aplikasi Jaringan

Aplikasi jaringan komputer adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk berbagi sumber daya dan berkomunikasi antara perangkat-perangkat komputer.

Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan komputer adalah suatu komponen yang sangat penting dalam arsitektur jaringan komputer. Beberapa contoh keamanan jaringan komputer adalah firewall, antivirus, dan enkripsi.

Firewall

Firewall adalah suatu perangkat yang digunakan untuk melindungi jaringan komputer dari serangan cyber.

Antivirus

Antivirus adalah suatu perangkat yang digunakan untuk melindungi perangkat komputer dari virus dan malware.

Enkripsi

Enkripsi adalah suatu perangkat yang digunakan untuk melindungi data dalam jaringan komputer.

Kesimpulan

Arsitektur jaringan komputer adalah suatu konsep yang sangat penting dalam teknologi informasi. Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang arsitektur jaringan komputer, termasuk jenis-jenis model arsitektur, topologi jaringan, perangkat keras dan lunak jaringan, serta keamanan jaringan. Dengan memahami arsitektur jaringan komputer, kita dapat membuat jaringan komputer yang efektif dan efisien.

 

Referensi

[0] https://bnparchitect.com/

[1] https://www.infosectrain.com/blog/what-is-peer-to-peer-model/

[2] https://www.domainesia.com/berita/jaringan-komputer-dan-topologi/

[3] https://blog.unnes.ac.id/ayukwitantri/2016/03/10/pengertian-dan-fungsi-switch-router-hub-access-point-rj-45-modem-kabel-utp-nicrepeater-bridge-satelit-kabel-coaxial-dan-usb-wifi/


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to verify temporary file contents for atomic writing. in /home/u5059019/public_html/bnparchitect.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:51 Stack trace: #0 /home/u5059019/public_html/bnparchitect.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u5059019/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('transient') #2 {main} thrown in /home/u5059019/public_html/bnparchitect.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 51