Bali Architect

- BINA NUSA PRIMA-

ARCHITECT

ARTICLE

Arsitektur Produk: Pengertian, Jenis, & Manfaat

MIFTAHUR RIZKIE: Product Architecture (Arsitektur Produk)
Arsitektur Produk

Pengorganisasian elemen fungsional dan fisik dari suatu produk adalah kunci dalam pengembangan produk. Peran pentingnya meliputi pengaturan tata letak, hubungan, dan interaksi antara komponen. Subtopik yang akan dibahas dalam artikel ini mencakup…

Jenis-jenis Arsitektur Produk

Ada dua jenis utama dalam pengorganisasian produk, yakni yang modular dan integral:

  • Arsitektur Modular: Dalam arsitektur modular, komponen fungsional dibagi menjadi bagian-bagian yang dapat dipisahkan dan diterapkan dengan mudah. Komponen ini dapat dipisahkan dan digunakan kembali dalam produk lain.
  • Arsitektur Integral: Dalam arsitektur integral, komponen fungsional tidak dibagi menjadi bagian-bagian yang dapat dipisahkan. Seluruh komponen fungsional terintegrasi dalam satu sistem.

Manfaat Arsitektur Produk

Pengorganisasian produk memberikan beberapa manfaat penting, antara lain:

  • Mengelola koneksi antara komponen menjadi lebih efisien dengan pendekatan pengorganisasian produk.

  • Memfasilitasi interaksi antara komponen menjadi lebih terstruktur melalui pendekatan pengorganisasian produk.

  • Meminimalkan biaya pengembangan produk dengan memungkinkan penggunaan ulang komponen fungsional dalam produk lain melalui pendekatan pengorganisasian.

Cara Merancang Arsitektur Produk

Langkah-langkah dalam merancang pengorganisasian produk meliputi:

  • Langkah pertama dalam merancang pengorganisasian produk adalah menentukan strukturnya. Ini melibatkan analisis interaksi antara komponen fisik yang memenuhi fungsi dalam produk.
  • Proses pengembangan melibatkan pengaturan tata letak, hubungan, dan interaksi antara komponen produk.
  • Setelah struktur produk dibuat, dilakukan pengujian dan penajaman untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan dan tujuan produk.

Alat Bantu Merancang Arsitektur Produk

Alat bantu merancang struktur produk memainkan peran penting dalam pengembangan produk. Beberapa alat yang dapat digunakan termasuk:

  • Proses perancangan produk adalah upaya untuk menentukan struktur produk yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan produk.
  • Ilmu teknik industri mendukung pengembangan produk, termasuk pengembangan struktur produk.
  • Perencanaan dan perancangan produk adalah proses untuk menetapkan struktur produk yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan produk.

Contoh Arsitektur Produk yang Sukses

Berikut beberapa contoh produk dengan desain yang sukses:

  • Printer DeskJet dirancang dengan pola tata letak yang mempermudah pengiriman tinta menggunakan prinsip pemanasan.
  • Alat Multiple Cutter didesain dengan pola tata letak yang mempermudah pemotongan permen susu, dodol, dan produk sejenis.

Kesimpulan

Konsep pengorganisasian produk memegang peranan penting dalam pengembangan produk. Pengorganisasian ini membantu menata tata letak, hubungan, dan interaksi antara komponen dalam produk. Berbagai alat bantu desain seperti perancangan produk, teknik industri, dan perencanaan produk, turut mendukung pembuatan pengorganisasian yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan produk. Keberhasilan beberapa produk seperti Printer DeskJet dan Multiple Cutter menunjukkan bahwa pengorganisasian produk dapat membantu dalam pengembangan produk yang efektif dan efisien.

Reference

[1] https://bnparchitect.com/

[2] https://id.scribd.com/document/349099867/arsitektur-produk

[3] https://lintar.untar.ac.id/repository/pengabdian/buktiabdi_10317009_00Z210421163500.pdf


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to verify temporary file contents for atomic writing. in /home/u5059019/public_html/bnparchitect.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:51 Stack trace: #0 /home/u5059019/public_html/bnparchitect.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u5059019/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('transient') #2 {main} thrown in /home/u5059019/public_html/bnparchitect.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 51