Bali Architect

- BINA NUSA PRIMA-

ARCHITECT

ARTICLE

Gosh!!! IT Arsitektur Adalah…

Arsitektur: Membangun Struktur yang Kuat untuk Masa Depan

Gosh - https://perchance.org/ai-text-to-image-generator
Gosh – https://perchance.org/ai-text-to-image-generator
Arsitektur, selain itu, bila diterapkan pada bangunan, melibatkan studi tentang penciptaan desain yang aman, efisien, dan estetis.
Dalam pengertian teknologi, arsitektur mengacu pada desain sistem yang digunakan dalam pengembangan aplikasi, sistem operasi, dan jaringan komputer.
Secara khusus, arsitektur ini melibatkan pemilihan struktur yang optimal, pengaturan sumber daya, dan pengelolaan interaksi antar komponen yang berbeda.

Mengapa Pentingnya Arsitektur dalam Pengembangan Aplikasi

Sebagai hasilnya, arsitektur membantu pengembang untuk merancang struktur aplikasi yang kokoh. Oleh karena itu, ini mempermudah dalam pemeliharaan aplikasi di masa depan.

Pilih arsitektur yang tepat untuk aplikasi agar bisa berjalan lancar di berbagai platform & mudah diperbarui.

Prinsip-Prinsip Dasar Arsitektur

Untuk membuat aplikasi yang efektif, arsitektur harus didasarkan pada prinsip-prinsip dasar yang jelas dan konsisten. Beberapa prinsip dasar arsitektur yang penting adalah sebagai berikut:

Prinsip 1: Scalability

Scalability adalah kemampuan suatu aplikasi untuk meningkatkan kemampuan dan performanya ketika dibutuhkan.

Dalam arsitektur, scalability dapat dicapai dengan menggunakan teknologi yang dapat di-extend, di-maintain, dan beroperasi baik.

Prinsip 2: Flexibility

Flexibility adalah kemampuan suatu aplikasi untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masa depan.

Teknologi yang fleksibel penting dalam arsitektur; aplikasi harus mudah di-extend, di-maintain, dan beroperasi dengan baik.

Prinsip 3: Security

Security adalah kemampuan suatu aplikasi untuk melindungi data dan informasi yang sensitif.

Keamanan dalam arsitektur dapat dipastikan dengan memanfaatkan teknologi yang aman dan memastikan bahwa aplikasi kompatibel dengan berbagai platform dan sistem operasi.

Contoh Aplikasi yang Menggunakan Arsitektur yang Baik

Beberapa contoh aplikasi yang menggunakan arsitektur yang baik adalah sebagai berikut:

Aplikasi E-commerce

Aplikasi e-commerce yang dirancang dengan baik dapat berfungsi secara efektif di berbagai platform dan sistem operasi, serta dapat dengan mudah diperluas dan dipelihara.

Dengan menggunakan arsitektur yang tepat, aplikasi e-commerce dapat meningkatkan kemampuan dan performanya ketika dibutuhkan, serta dapat melindungi data dan informasi yang sensitif.

Aplikasi Sosial Media

Ketika aplikasi media sosial dibuat menggunakan desain yang bagus, aplikasi tersebut dapat berfungsi dengan baik di berbagai perangkat dan diperbarui dengan mudah.

Dengan menggunakan arsitektur yang tepat, aplikasi sosial media dapat meningkatkan kemampuan dan performanya ketika dibutuhkan, serta dapat melindungi data dan informasi yang sensitif.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan arsitektur dalam pengembangan aplikasi?

Saat membuat aplikasi, arsitektur ibarat sebuah rencana yang membantu pengembang membangun aplikasi yang berfungsi dengan baik dan mudah diperbaiki.

Ini juga membantu aplikasi berjalan lebih cepat.

2. Bagaimana arsitektur dapat membantu dalam pengembangan aplikasi?

Arsitektur ibarat cetak biru pembangunan sebuah rumah.

Ini membantu pengembang membuat aplikasi yang berfungsi dengan baik, cepat, dan mudah diperbaiki.
Ini juga membantu aplikasi bekerja pada perangkat dan sistem yang berbeda.

3. Apa yang dimaksud dengan scalability dalam arsitektur?

Skalabilitas seperti ketika sebuah mainan bisa menjadi lebih besar dan bekerja lebih baik ketika lebih banyak teman yang ingin memainkannya. Ini juga dapat digunakan pada berbagai jenis mainan dan gadget.

4. Bagaimana arsitektur dapat membantu dalam meningkatkan keamanan aplikasi?

Arsitektur sangat penting dalam memastikan aplikasi aman dan berfungsi dengan baik di berbagai perangkat dengan menggunakan teknologi aman dan memastikan kompatibilitas di berbagai sistem.

5. Apa yang dimaksud dengan flexibility dalam arsitektur?

Fleksibilitas dalam arsitektur berarti suatu bangunan atau struktur dapat berubah dengan mudah di masa depan dan berfungsi dengan baik pada berbagai jenis komputer dan perangkat.

Kesimpulan

Arsitektur dalam pengembangan aplikasi sangat penting karena memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi yang lebih stabil, lebih cepat, dan lebih mudah di-maintain.

Pengembang dapat memastikan bahwa aplikasi berfungsi secara efektif di berbagai platform dan sistem operasi, dan dapat dengan mudah dipelihara dan diperluas dengan menggunakan arsitektur yang sesuai.
Oleh karena itu, penting untuk memahami prinsip-prinsip dasar arsitektur dan bagaimana arsitektur dapat membantu dalam pengembangan aplikasi yang lebih efektif dan efisien.

 

Referensi

[0] https://bnparchitect.com/

[1] https://id.scribd.com/presentation/415406984/FAKTOR-YANG-MEMPENGARUHI-STRUKTUR-BANGUNAN-pptx

[2] http://e-journal.uajy.ac.id/2012/2/1TS12226.pdf

 


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to verify temporary file contents for atomic writing. in /home/u5059019/public_html/bnparchitect.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:51 Stack trace: #0 /home/u5059019/public_html/bnparchitect.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u5059019/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('transient') #2 {main} thrown in /home/u5059019/public_html/bnparchitect.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 51