Bali Architect

- BINA NUSA PRIMA-

ARCHITECT

ARTICLE

Masjid Al Kamil Sumedang: Arsitektur, Filosofi, & Pengaruh

Masjid Al-Kamil, Ikon Baru di Jatigede Sumedang, Desainnya ...
https://asset-2.tstatic.net/cirebon/foto/bank/images/Masjid-Al-Kamil.jpg
https://statics.indozone.news/local/626cd8ee74e58.jpg
https://statics.indozone.news/local/626cd8ee74e58.jpg

Ini Keunikan Masjid Ridwan Kamil Sumedang, Dibangun Mirip ...

Arsitektur Masjid Al Kamil Sumedang

Desain Unik dan Simbolisme Bunga Teratai

Masjid Al Kamil Sumedang merupakan sebuah masjid yang menarik perhatian karena desainnya yang mirip dengan bunga teratai yang mekar1. Bentuknya unik dan modern, tetapi tetap mewakili tradisi Sunda lokal, membuatnya menjadi ikon baru di Sumedang1.

Perpaduan Arsitektur Modern dan Tradisional Sunda

Al Kamil Sumedang menghadirkan desain bangunan yang memadukan gaya arsitektur masa kini dan tradisional Sunda. Hal ini tercermin dari penggunaan material lokal yang dikombinasikan dengan elemen modern. Pendekatan ini membuat bangunan ini menjadi contoh arsitektur neo-vernakular, di mana unsur-unsur tradisional dipadukan dengan sentuhan kontemporer3.

Penggunaan Elemen Dekoratif Khas Jawa Barat

Al Kamil Sumedang menghiasi bangunannya dengan motif khas Jawa Barat yang indah, terutama pada bagian puncaknya yang dihiasi dengan warna emas. Ini menunjukkan kekayaan budaya dan tradisi Jawa Barat yang diwariskan oleh tempat ibadah ini.

Keterbukaan Ruang dan Pemanfaatan Cahaya Alami

Al Kamil Sumedang memiliki area ibadah yang lapang dan nyaman, dengan desain yang memperhatikan pencahayaan alami dan ruang terbuka. Hal ini menjadikan tempat ini nyaman dan spiritual untuk melaksanakan ibadah..

Filosofi Masjid Al Kamil Sumedang

Makna di Balik Nama “Al Kamil”

Nama “Al Kamil” yang digunakan untuk masjid ini berasal dari istilah “insan kamil” yang berarti manusia yang sempurna5. Ini menjadikan masjid ini sebagai tanda kekayaan kemahasan dan keseimbangan dalam desain.

Konsep Kesempurnaan dan Keseimbangan Dalam Desain

Al Kamil Sumedang dibangun dengan konsep kesempurnaan dan keseimbangan dalam desain5. Ini terlihat dari penggunaan elemen arsitektur yang menarik perhatian, seperti desain bunga teratai1.

Refleksi Nilai-Nilai Religius dan Budaya Islam

Al Kamil Sumedang telah menjadi tujuan menarik perhatian karena desainnya yang mencerminkan nilai-nilai religius dan budaya Islam. Hal ini menjadikannya tempat menarik bagi pengunjung dari berbagai daerah.

Keindahan Alam Masjid Al Kamil Sumedang

Lokasi Strategis di Tepi Waduk Jatigede

Al Kamil Sumedang berdiri di pinggir Waduk Jatigede, menciptakan ikon keelokan alam Sumedang. Keberadaannya menarik minat pengunjung dan menjadikannya destinasi wisata yang menarik.

Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Dengan posisi yang strategis, bangunan Al Kamil di Sumedang menawarkan panorama alam yang memukau. Hal ini menjadikannya destinasi menarik bagi para pengunjung.

Perpaduan Arsitektur dengan Lanskap Sekitar

Al Kamil Sumedang menampilkan harmoni antara desain bangunan dengan lingkungan sekitarnya1. Ini menjadikan tempat ibadah ini menarik perhatian bagi para pengunjung yang menikmati keindahan alam.

Fungsi dan Fasilitas Masjid Al Kamil Sumedang

Ruang Ibadah Utama yang Luas dan Nyaman

Al Kamil Sumedang memiliki ruang ibadah utama yang lapang dan nyaman, menjadikannya lokasi yang cocok untuk melaksanakan ibadah.

Fasilitas Pendukung Seperti Tempat Wudhu, Toilet, dan Taman

Al Kamil Sumedang, sebuah tempat ibadah di Sumedang, dilengkapi dengan fasilitas penting seperti tempat berwudhu, toilet, dan taman. Hal ini menjadikannya tempat yang lengkap dan nyaman untuk melaksanakan ibadah.

Peran Masjid Sebagai Pusat Kejiatan Keagamaan dan Sosial

Masjid Al Kamil Sumedang memiliki peran penting sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial1. Ini membuat masjid ini menjadi sebuah tempat yang menjadi pusat untuk mengumpulkan masyarakat Sumedang.

 

Referensi

[1] https://cirebon.tribunnews.com/2022/08/27/masjid-al-kamil-ikon-baru-di-jatigede-sumedang-desainnya-mirip-bunga-teratai-yang-mekar

[3] https://jurnal.umj.ac.id/index.php/purwarupa/article/download/12872/pdf

[5] http://repository.radenintan.ac.id/10923/1/PUSAT%201%202.pdf

[6] https://bnparchitect.com/


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to verify temporary file contents for atomic writing. in /home/u5059019/public_html/bnparchitect.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:51 Stack trace: #0 /home/u5059019/public_html/bnparchitect.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u5059019/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('transient') #2 {main} thrown in /home/u5059019/public_html/bnparchitect.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 51